RSS

Rukun Islam

07 Jun

image

“Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh,” Seperti biasa Ustadz Amir masuk sembari memberi salam pada murid-muridnya yang telah lama menunggu. Kelas yang tadinya gaduh pun menjadi hening.
“Wa’alaikum salam warohmatullahi wabarokatuh,” jawab murid-murid serentak.
“Murid-murid, hari ini kita akan belajar tentang rukun Islam. Ada yang tau apa saja rukun Islam itu?” Tanya Ustadz Amir. Hampir semua murid-murid mengangkat tangannya.
“Kamu Andi, sebutkan apa saja yang termasuk rukun Islam!” Ustadz Amir menunjuk seorang murid yang duduk paling belakang.
Andi pun berdiri lalu dengan lantang menjawab, “Rukun Islam ada lima, pertama mengucapkan dua kalimat syahadat, yang kedua mengerjakan sholat lima waktu, yang ketiga membayar zakat, yang keempat puasa dibulan Ramadhan dan kelima pergi haji bila mampu” .
“Benar, jadi rukun Islam itu ada lima perkara, yang pertama mengucapkan dua kalimat syahadat. Ada yang tau bacaan syahadat? Coba kamu Nisa!” Tunjuk Ustadz Amir kepada Nisa.
“اَشْهَدُ اَنْ لَااِلٰهَ اِلَّا اللّٰهُ وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًارَسُولُ اللّٰهِ,” Jawab Nisa.
“Betul. Syahadat itu ada dua, yang pertama syahadat tauhid, bacaannya ‘Asyhadu an-laa ilaaha illallah’ artinya aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan yang kedua syahadat rasul, bacaannya ‘Asyhadu anna Muhammadan rasulullah’ artinya aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah.
Rukun Islam yang kedua adalah shalat. Shalat itu ada dua ada shalat wajib dan shalat sunnah. Nah, kamu Adul, shalat wajib itu ada berapa?” Tanya Ustad Amir.
“Ada lima waktu pak, yaitu subuh, zuhur, asar, maghrib, dan isya.” Jawab Adul lantang.
“Benar. Shalat wajib itu ada lima waktu, yaitu Subuh, Zuhur, Asar, Maghrib, dan Isya. Selain shalat wajib ada juga shalat sunnah, shalat sunnah rawatib, shalat tahajud, shalat dhuha, shalat dua hari raya,” Jelas Ustadz Amir.
“Rukun Islam yang ketiga ialah Zakat. Ada yang tau apa itu zakat?” Tanya Ustadz Amir lagi.
“Zakat fitrah pak!” Sahut Alif.
“Zakat Mal pak!” Ujar Mamat tak mau kalah.
Ustadz Amir tersenyum melihat murid-muridnya. “Baiklah. Zakat adalah jumlah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama Islam dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya menurut ketentuan yang telah ditetapkan oleh syariah. Sedangkan Zakat fitrah dan Zakat Mal termasuk dari macam-macam Zakat,” Ustadz Amir menjelaskan.
“Rukun Islam yang keempat adalah puasa di bulan Ramadhan. Kamu Aisyah coba jelaskan apa itu puasa?” Ustadz Amir menunjuk muridnya yang duduk bersama Nisa.
“Puasa ialah menahan lapar dan haus dari sejak subuh hingga maghrib,” jawab Aisyah lugas.
“Betul. Tetapi puasa bukan cuma menahan lapar dan haus saja, tetapi puasa juga menahan diri dari hawa nafsu ingin berbohong, berbuat jahat, menahan diri dari menggunjing kejelekan orang lain, dan juga menahan diri dari nafsu syahwat,” Jelas Ustadz Amir.
“Puasa juga ada dua macam yaitu puasa wajib yang dikerjakan dibulan Ramadan selama satu bulan, dan puasa sunnah pada hari-hari tertentu,” Kata Ustadz Amir lagi.
“Kemudian Rukun Islam yang kelima adalah pergi haji ke Baitullah bila mampu. Nah kapan waktunya untuk melaksanakan ibadah haji? Coba kamu Ihsan!” Tunjuk Ustadz Amir pada murid yang berbaju hijau.
“Bulan Zulhijjah pak ustadz,” jawab Ihsan singkat.
“Betul, pelaksanaannya di bulan Zulhijjah atau orang kita bilang bulan haji, yang puncak ibadahnya jatuh pada tanggal 10 Zulhijjah saat hari raya Idul Adha,” kata Ustadz Amir.
“Nah bapak ulangi lagi ya. Rukun Islam itu ada lima perkara, yaitu: Pertama membaca dua kalimat syahadat.
Kedua shalat lima waktu sehari semalam.
Ketiga membayar zakat.
Keempat berpuasa di bulan Ramadhan.
dan Kelima pergi haji bila mampu.
mengerti anak-anak? ”
“Mengerti pak ustadz,” jawab murid-murid serempak.
“Kalau begitu, pelajaran hari ini bapak akhiri dengan Hamdallah, ‘Alhamdulillahi robbil ‘alamiin’ Wabillahi taufik wal hidayah, Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,” Tutup Ustadz Amir.
“Wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.”

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 7 Juni 2016 in belajar, Belajar Islam

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s