RSS

Tingkatan Yang Paling Utama Dan Paling Nista

07 Jul



Dari Aisyah RA., Rasulullah SAW bersabda: “Aku bersumpah akan tiga hal, akan kusampaikan kepadamu semua tentang hal tersebut, kemudian jagalah baik-baik!

  1. Tak akan berkurang harta seseorang karena shodaqoh, dan
  2. Tak ada seorangpun yang teraniaya, tetapi sabar menerimanya, melainkan Allah akan menambah kemuliaan baginya, dan
  3. Tak ada seorangpun yang membuka pintu permintaan (mengemis), melainkan Allah telah membuka baginya pintu kemelaratan.

Kemudian akan kusampaikan untukmu sebuah berita, jagalah baik-baik!

Sesungguhnya isi dunia ini diperuntukkan empat golongan.

  • Pertama: Orang yang dikaruniai oleh Allah dengan harta dan ilmu, kemudian dengannya ia bertaqwa kepada Allah dan menyambung kasih sayang. Hal ini ia lakukan dengan kesadaran bahwa hartanya itu adalah milik Allah semata. Inilah seutama-utamanya tingkatan.
  • Golongan kedua: Orang yang dikaruniai oleh Allah ilmu, tetapi tak dikaruniai harta, sedangkan ia memiliki niat yang jujur, ia mengatakan “Andaikan aku juga memiliki harta benda, niscaya akan kulakukan seperti apa yang dilakukan oleh si Fulan”, Maka bagi orang tersebut, dengan niatnya itu mendapatkan pahala yang serupa.
  • Golongan ketiga: Orang yang dikaruniai oleh Allah harta, tetapi tak dikaruniai ilmu, sedangkan orang tersebut senantiasa membelanjakan hartanya tanpa perhitungan. Hartanya tiada membawanya kearah taqwa kepada Allah dan menyambung tali kasih sayang. Ia tak sadar, bahwa hartanya itu mutlak milik Allah. Golongan ini adalah senista-nistanya tingkatan.
  • Adapun golongan yang keempat ialah: Orang yang tak dikaruniai oleh Allah harta maupun ilmu. Dia hanya dapat berdoa, “Andaikan aku memiliki harta, sungguh akan kukerjakan seperti apa yang dikerjakan si Fulan”. Maka baginya, dengan niatnya itu, timbangannya sama”.

(HR. Tirmidzi)

Termasuk golongan manakah kita?

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 7 Juli 2014 in hadist, Renungan

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s