RSS

Hutang Puasa

29 Jun

Suatu ketika Rasulullah SAW. sedang berkumpul dengan para sahabatnya, datanglah seorang perempuan ke hadapan beliau. Setelah mengucapkan salam, perempuan itu berkata kepada beliau dengan wajah ragu dan agak malu, “Wahai Rasulullah! Aku sangat mencintai ibuku. Suatu ketika, aku memberi ibuku seorang sahaya perempuan. Tapi, baru-baru ini ibuku meninggal dunia.”

“Engkau anak yang baik. Engkau pasti mendapat pahala. Dan, sahaya perempuan itu menjadi milikmu kembali sebagai harta warisan,” jawab Rasulullah dengan ramah dan santun.

“Wahai Rasulullah! Bolehkah aku mengajukan pertanyaan lain?” ucap perempuan itu. Dia tampak ragu, khawatir beliau enggan menjawab pertanyaannya.

“Silakan! Tak usah ragu. Kemukakan kepadaku segala hal yang ingin engkau tanyakan kepadaku,” jawab beliau.

“Wahai Rasulullah! Ibuku mempunyai utang puasa. Sebulan lamanya. Apakah aku boleh berpuasa atas nama ibuku?” tanya perempuan itu penuh rasa ingin tahu.

“Berpuasalah atas nama ibumu,” jawab beliau dengan ramah.

“Wahai Rasulullah! Ibuku juga pernah bernazar akan melaksanakan haji, tapi dia meninggal dunia sebelum melaksanakannya. Bolehkah aku pergi haji atas nama ibuku?” tanya perempuan itu lebih lanjut, dengan lebih berani.

“Silakan, naik hajilah engkau atas nama ibumu. Bukankah andaikan dia memiliki utang, engkau akan melunasinya. Karena itu, tunaikanlah utang Allah. Sebab, utang kepada-Nya lebih patut ditunaikan,” jawab Rasulullah tetap dengan sangat ramah dan santun.

Betapa lega perempuan itu mendengar jawaban-jawaban Rasulullah SAW. Dia pun segera memohon diri.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 29 Juni 2014 in Renungan

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s