RSS

“… yang tiada dapat kamu minta mundur daripadanya barang sesaat pun dan tidak (pula) kamu dapat meminta supaya dimajukan.”

17 Jun

Syaikh Ali Ath-Thanthawi bercerita, bahwa ada sebuah bus penuh sesak dengan penumpang. Sopirnya selalu menoleh ke kiri dan kanan, dan secara tiba-tiba sopir itu menghentikan bus itu. Para penumpang pun bertanya,  “Mengapa engkau menghentikan bus ini?” Sopir itu menjawab, “Saya berhenti untuk menghampiri orang tua yang melambai-lambaikan tangannya hendak menumpang bersama kita.”

Para penumpang jadi bertanya-tanya, “Kami tidak melihat siapa-siapa.”

Tapi sopir itu melihatnya,  “Lihat (itu) dia.”

Mereka tetap bingung, “Kami tidak melihat seorangpun.”

Sopir itu pun kembali berkata, “Kini dia datang untuk naik bersama kita.” Semua penumpang berkata, “Demi Allah, kami tidak melihat siapa-siapa.” Dan secara tiba-tiba pula sopir itu mati terduduk di atas kursinya.

Kematiannya sangat tiba-tiba, dan begitulah jalan kematiannya.

“Maka, apabila telah datang waktunya mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaat pun dan tidak (pula) memajukannya.”
(QS. Al-A’raf: 34)

Manusia itu sangat pengecut terhadap hal-hal yang menakutkan, dan merasa hatinya hampir copot ketika mendengar kematian disebutkan, namun tanpa disangka-sangka kematian itu datang membunuhnya.

“Orang-orang yang mengatakan kepada saudara-saudaranya dan mereka tidak turut pergi berperang, ‘Sekiranya mereka mengikuti kita, tentulah mereka tidak terbunuh.’ Katakanlah: ‘Tolaklah kematian itu dari dirimu, jika kamu orang-orang yang benar.’ ”
(QS.  Ali ‘Imran: 168)

Tapi yang paling mengherankan adalah kita tidak pernah berpikir bahwa kita akan bertemu Allah. Kita tidak pernah berpikir bahwa dunia itu hina sekali. Kita juga tidak pernah berpikir bahwa di dunia itu banyak cerita tentang bagaimana orang meninggal dunia. Kecuali, ketika kita sedang didera ketakutan, pikiran seperti itu baru muncul.

(La Tahzan-Dr. Aidh Al-Qarni)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 17 Juni 2014 in Renungan

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s