RSS

Kisra Persia dan Seorang Perempuan Tua

21 Mar

Bazarjamher, salah seorang bijak di Persia, mengatakan, “Ada seorang nenek yang memiliki seekor ayam betina yang diletakkan di sebuah kandang yang berdekatan dengan istana Kisra. Suatu hari si nenek itu sedang melakukan perjalanan ke desa lain. Sebelum berangkat nenek itu berdoa, “Wahai Rabb-ku, aku titipkan ayam betinaku ini kepada-Mu.”

Pada saat tidak berada di tempat itu, Kisra berlaku lalim dengan menggusur kandang itu untuk perluasan istana dan taman kerajaan. Ayam yang berada di dalam kandang itu disembelih oleh para tentara, dan kandangnya dirusak. Sekembalinya dari perjalanan itu, si nenek menengadah ke langit dan berkata, “Wahai Rabb-ku, aku memang tidak ada saat terjadi kejahatan itu, namun dimana Engkau saat itu?” Allah pun memperlakukan nenek itu dengan adil dan membalaskan perlakuan Kisra itu. Kisra itu dibunuh oleh anaknya dengan sebilah pisau saat sedang tidur di pembaringannya.

“Bukankah Allah cukup melindungi hamba-hamba-Nya. Dan mereka menakuti kamu dengan (sembahan-sembahan) yang selain Allah?”  (QS. Az-Zumar: 36)

Seandainya saja kita menjadi orang terbaik di antara dua anak Adam yang mengatakan:

“Sungguh jika kamu menggerakkan tanganmu kepadaku untuk membunuhku, aku sekali-kali tidak akan menggerakkan tanganku untuk membunuhmu.”  (QS. Al-Ma’idah: 28)

Rasulullah bersabda, “Jadilah engkau seorang hamba yang dibunuh dan janganlah engkau menjadi hamba yang membunuh.”

Orang muslim itu memiliki prinsip, misi, dan masalah yang lebih agung dari hanya sekedar balas dendam, benci, dan dengki.

(Dikutip dari La Tahzan – Dr. ‘Aidh al-Qarni)

Posted from WordPress for Android

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 21 Maret 2014 in Renungan

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s