RSS

Sedekah dan Pengaruhnya

19 Mar

Rasulullah SAW pernah bercerita, ada seorang lelaki berkata, “Malam ini sungguh aku akan bersedekah.”

Dengan niatnya itu, ia keluar rumah membawa sedekahnya, lalu diberikan kepada seorang perempuan yang tak dikenalnya. Ternyata, perempuan itu seorang pezina. Sehingga, kejadian itu menjadi perbincangan banyak orang.

Akhirnya, kabar tersebut sampai juga kepada lelaki itu. Mendengar kabar yang demikian, lelaki itu memuji Allah, “Ya Allah, segala puji hanya bagi-Mu. Ternyata, sedekahku jatuh ke tangan seorang pezina. Karena itu, aku akan bersedekah lagi!”

Maka, lelaki itu kemudian mencari seseorang yang menurutnya layak menerima sedekah. Ternyata, penerima sedekah itu, tanpa diketahuinya, adalah orang kaya. Sehingga, kejadian itu lagi-lagi menjadi perbincangan banyak orang, lalu sampai juga kepada lelaki yang bersedekah itu.

Mendengar kabar yang demikian, lelaki itu pun berkata, “Ya Allah, segala puji hanya bagi-Mu. Ternyata, sedekahku itu jatuh ke tangan orang kaya. Karena itu, aku akan bersedekah lagi!”

Maka, malam berikutnya lelaki itu pun mencari seseorang yang menurutnya layak menerima sedekah. Ternyata, penerima sedekah yang ketiga, tanpa diketahuinya, adalah seorang pencuri. Tak lama berselang, kejadian itu menjadi perbincangan banyak orang, dan kabar itu sampai kepada lelaki yang bersedekah itu.

Mendengar kabar demikian, lelaki itu tetap memuji Allah, “Ya Allah, segala puji hanya bagi-Mu! Ya Allah, sedekahku ternyata jatuh ke tangan orang-orang yang tak kuduga; pezina, orang kaya dan pencuri!”

Kata Rasulullah, besok ketika orang itu datang di hadapan Tuhan, maka akan dikatakan padanya, “Sesungguhnya, sedekahmu telah diterima.”

Selanjutnya, Rasulullah SAW. menerangkan, bahwa sedekah yang diberikan kepada pezina, ada kemungkinan berpengaruh padanya, hingga ia berhenti berzina. Sedang orang kaya, maka diharapkan ia dapat mengambil pelajaran, sehingga mau menyedekahkan rezeki yang dikaruniakan Allah kepadanya. Adapun si pencuri, bisa jadi ia berhenti mencuri setelah menerima sedekah itu.

Posted from WordPress for Android

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 19 Maret 2014 in Kisah-kisah Teladan, Renungan

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s