RSS

Semangat yang Berlebihan

06 Agu

Suatu ketika, ada tiga laki-laki yang datang menemui beberapa istri Rasulullah SAW. Ketiga sahabat Rasulullah ini ingin tahu, bagaimanakah ibadah beliau. Ketika diberi tahu tentang ibadah beliau, mereka merasa betapa sedikit ibadah yang telah mereka lakukan. Apalagi mereka tahu, Allah SWT. telah mengampuni dosa beliau, baik yang lalu, kini, maupun yang akan datang. Maka, mereka pun bertekad untuk memperbaiki diri dengan gayanya masing-masing.

“Aku, sejak saat ini, akan melaksanakan shalat malam seumur hidupku!” ucap lelaki yang pertama dengan bersemangat.

“Aku, juga saat ini, akan berpuasa sepanjang tahun hingga aku mati!” ucap lelaki kedua tak mau kalah.

“Aku, sejak saat ini, akan menghindari perempuan. Aku tidak akan menikah selamanya!” ucap lelaki ketiga dengan semangat membara.

Kabar tentang tekad ketiga lelaki itu akhirnya sampai juga kepada Rasulullah SAW. Beliau pun memerintahkan ketiga lelaki tersebut untuk menemui beliau. Ketika mereka datang, dan selepas mengucapkan salam dan berbagi sapa, beliau dengan agak gusar berkata kepada mereka, “Kaliankah yang kudengar bertekad begini dan begitu? Demi Allah, akulah orang yang paling takut kepada Allah dan paling bertakwa kepada-Nya di antara kalian. Meski demikian, aku kadang-kadang berpuasa sunnah, kadang-kadang tidak. Aku kadang-kadang melaksanakan shalat malam, kadang-kadang aku tidur. Aku pun menikahi perempuan. Barang siapa membenci Sunnahku, dia tidak termasuk golonganku!”

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 6 Agustus 2011 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

