RSS

Tiga Nama Penolong

15 Mar

Tatkala mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim, berarti menghambakan dan merendahkan diri kepada-Nya. Kita memohon pertolongan dengan nama-Nya, yaitu Allah, ar-Rahman, dan ar-Rahim. Tidak diragukan kata Allah merupakan nama Tuhan yang paling agung.

Imam Ja’far ash-Shadiq berkata, “Karena manusia tidak mampu melakukan suatu perkara tanpa pertolongan-Nya, Dia mengkaruniakan tiga dari nama-Nya.”

“Di antara ketiga nama, yang paling jelas adalah Allah. Karenanya, Allah merupakan nama-Nya yang paling agung. Lalu, mengapa dalam Bismillahirrahmanirrahim disebutkan tiga dari nama Tuhan? Karena manusia terdiri dari tiga kelompok, yaitu:

  • Pertama, manusia yang menginginkan dunia.
  • Kedua, manusia yang menginginkan akhirat.
  • Ketiga, manusia yang menginginkan Tuhan-nya.

Manusia yang menginginkan Tuhan memohon pertolongan dengan nama Allah. Manusia yang menginginkan akhirat, memohon pertolongan dengan nama ar-Rahim karena nama ini rahmat khusus bagi Mukminin. Manusia yang menginginkan dunia, memohon pertolongan dengan nama ar-Rahman karena nama ini rahmat Tuhan bagi seluruh makhluk-Nya.

Oleh karena itu, Tuhan mengkaruniakan kepada manusia tiga nama-Nya untuk memohon pertolongan. Hendaknya saat memohon pertolongan Allah, jadikan tiga nama itu sebagai perantara.”

Dari: Kisah-kisah Bismillah / Ahmad Mir Khalaf Zadeh & Qasim Mir Khalaf Zadeh; penerjemah, Ibnu Alwi Bafaqih; penerbit, Qarina, Jakarta, 2005.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 15 Maret 2011 in Kisah-kisah Bismillah

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s